Jumat, 21 September 2012

Penampilan, pentingkah?

Ada ungkapan dalam bahasa jawa "Ajining rogo soko busono" yang arti harafiahnya kurang lebih adalah kita dihargai dari cara kita berpakaian (penampilan). Mungkin ini ada hubungannya dengan kebiasaan manusia untuk menilai sesamanya pertama kali dengan melihat penampilan luar. Tidak bisa dipungkiri bahwa kesan pertama yang bisa dinilai dengan panca indera kita adalah penampilannya, caranya berpakaian, maka dari itu penampilan adalah hal yang penting. Penampilan yang bagus itu sebenarnya cara kita mengapresiasi diri sendiri dan mendorong orang lain melakukan hal yang sama.

Penampilan yang bagus tidak harus wah, yang penting sopan dan sesuai dengan event, jangan sampai salah kostum. Ke kondangan memakai kaos misalnya atau malah ke mall memakai kebaya. Bukan tidak pantas sih, tapi seringkali salah kostum itu memalukan, membuat kita tidak nyaman karena menjadi pusat perhatian.

Penampilan memang penting, tapi bukan segalanya. Penampilan yang oke menjadi tidak berarti jika tidak didukung dengan attitude yang baik pula. Kemampuan kita untuk menempatkan diri juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penampilan. Maka dari itu kursus kepribadian bisa menjadi pertimbangan bagi seseorang yang ingin memberi nilai plus pada penampilannya. Penampilan oke, kepribadian menawan siapa coba yang ga tertarik? But above all, buat saya pribadi menjadi diri sendiri itu jauh lebih baik :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak disini :)