Selasa, 24 Juli 2012

Si Mba - Part # 4 (Nah lho.....jangan sampe ketipu)

Lanjutin cerita tentang si mba yang ini ..... Nah ceritanya tanggal 21 Juli kemarin cowoknya si mba yang katanya mau meminang itu akhirnya datang juga. Siang hari bapak saya, memberi kabar tentang hal itu. "Siap-siap nduk cari lagi yang momong cucuku.....anak yang mau melamar Mustini sudah datang,"kata Bapak. Bapak saya jadi cerita juga tentang cowoknya si mba. Yang datang jauh-jauh dari Sumatra (katanya sih) tapi ternyata ga punya identitas apapun. Ngomongnya sih kecopetan waktu nyebrang Bakaheuni-Merak tapi anehnya kok ya ngakunya pas sudah ditanyaain. Tadinya ga cerita apapun waktu habis kecopetan, dah gitu klo bener kecopetan setidaknya lapor dong ya ke Polisi, secara yang ilang itu surat-surat penting + identitas diri. Karena niatannya mau langsung ngelamar, sama orang tua si mba langsung disuruh bawa surat-suratnya. 

Yang ini bikin saya geleng-geleng kepala. Orang tuanya itu lho.....Lha wong belum tahu orangnya, apalagi latar belakangnya kok mau aja dikawinin ama anaknya. Ya klo orang bener, klo ga? Opo ga kasian ama anaknya. Coba klo cowok ini beneran bawa surat lengkap, bisa lho kejadian dikawinin beneran. Lha kata orang tua saya yang kebetulan sekampung dengan ortu si mba, mereka itu justru bangga anaknya dapet orang sebrang. Sudah cerita ama tetangga kanan kiri kalau anaknya mau dilamar. Memang sih saya tidak bisa sepenuhnya menyalahkan orang tuanya mba, mungkin kultur pedesaan yang masih menganggap anak gadis yang sudah akil bhaliq tapi belum ada yang ngelirik itu aib jadi alasan utama si orang tua, disamping tentu saja kurangnya pengetahuan mereka. Tapi apa ya segitu desperate-nya sampai rela 'ngasih' anak gadisnya ke orang yang ga jelas asal-usulnya bin jobless pula. Hadeeeehhh......

Nah sekarang, setelah ketahuan ga bawa surat atau identitas apapun jadinya ya malah merepotkan. Ibunya si mba katanya malah ga bisa makan seharian (eh....tentunya sebelum puasa kemarin lho), tapi kalau bapaknya kok masih optimis aja. Tuh cowok dibeliin tiket PP suruh urus surat-surat untuk menikah. Ediaaaan tenaaan. Saya sudah ngomong panjang lebar ke si mba, mengingatkan, memberi saran, mosok sudah terbukti bohong masih dipercaya aja. Apalagi jadinya si mba harus kehilangan mata pencaharian nuruti si cowok yang minta dia segera pulang kampung. Masih mending setelah ga kerja dia tanggung jawab lha wong kerjaan aja konon katanya baru mau nyari lagi, mau ikut bapaknya si mba kerja serabutan....lah malah kojur ta.Tapi dasar si mba mata hatinya sudah dibutakan sama cinta, jadinya yaaaaa cuma masuk kuping kanan...keluar kuping kiri. Mau ngomong ke ortunya rasanya posisi keluarga saya serba salah. Nanti ndak dikira saya ga rela si mba keluar, ga ikhlas si mba dapet jodoh kan repot. Yah mentok-mentok saya doain dia semoga ga salah pilih, kalau memang jadi nikah.

Ujung-ujungnya besok minggu saya nganterin si mba pulang lha disini juga dah ga konsen kok ditelpon terus sama itu cowok suruh pulang jadi ya percuma saja, otomatis krucils saya ga ada yang momong deh. Mana mau lebaran lagi, cari orang pasti syuseh setengah M. Mudah-mudahan sih cepat dapet penggantinya, yang sabar, yang jujur, yang sayang dengan anak kecil itu yang paling penting. Semoga aja deh.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak disini :)