Kamis, 19 Juli 2012

Si Mba - Part #3 (Efek Kemajuan Teknologi???)


Dua hari lalu saya dibuat terkejut oleh asisten rumah tangga saya. Betapa tidak, tanpa isyarat apa-apa dia bilang dia akan dijemput bapaknya bersama pacarnya pertengahan bulan nanti. Waduh...kelabakanlah saya. Gimana krucils-krucils saya nanti kalau dia pulang. Hufh...kejadian juga apa yang saya takutkan selama ini.
Barangkali cerita ini hanya akan menjadi biasa saja ketika si mb ini pacaran seperti biasa, ketemu lalu jatuh cinta. Tapi menjadi luar biasa buat saya karena ternyata pacar yang dia bilang ini hanya bersua lewat udara alias via telpon aja. Kopdar belum pernah, sekalinya kopdar langsung (katanya) mau melamar.
Awal ceritanya suatu hari dia terima telpon dari seorang laki-laki yang ngakunya kenal sama pemilik nomer si mb ini, yang konon dulu temennya (saya takut ini cuma motif penipuan). Dari situ kenalanlah mereka. Dan cerita terus berlanjut sampai akhirnya mereka ‘jadian’.  Setahu saya, si mb ini kalau telpon memang bisa berjam-jam, sampai kadang saya jengkel karena si cowok ini gak tahu tempat dan waktu kalau telpon.(Ahhh...curcol nih). Kemarin tiba-tiba bapaknya minta alamat rumah saya.
Mba  : Mba, bapak saya minta alamat sini...(Si mba memang biasa memanggil mba ke saya karena kami memang berasal dari satu kampung, dan saya membiasakan anak-anak saya memanggil mba ke dia, untuk menghargainya.)
Saya   : Buat apa mb? Mau nengok kesini?
Sekedar informasi si mba ini tidak berani pulang kampung sendirian, jadi pulangnya ya bareng kalau saya pulang kampung. Dan saya tidak akan lepas dia pulang sendirian mengingat dia pernah ‘hilang’ di suatu malam takbir waktu baru ikut saya.(Mengenai ini sudah dibuat postingan tersendiri di sini)
Mba   : Nggak tahu.
Saya belum menjawab karena kami sedang disibukkan memasak makan malam. Tidak berapa lama Bapaknya si mba telpon, dari bicaranya si mb, saya tahu beliau menanyakan alamat saya.
Saya   : Nanti di smsin aja mba alamatnya.
Setelah selesai makan malam saya tanya lagi perihal alamat tadi.
Saya   : Memang kenapa mb bapakmu nanyain alamat? Mau kesini?
Mbak : Iya. Anu....itu lho, pacar saya tanggal 20 besok kan mau ke rumah, habis itu langsung jemput saya kesini bareng bapak.
Saya  : Hah......jemput gimana? Pacar yang mana tanya saya? Yang dulu suka telpon kamu sampai aku omelin?
Mba    : Bukan, ini temennya. Yang dulu udah putus. Sekarang saya sama temennya.
Ohhhh....saya  terbengong takjub. Beeuhh...ini ya efek kemajuan teknologi. Kenalan, jadian, pacaran lalu  
putus eh...jadian lagi ama temannya.
Saya   : Jemput gimana? Kamu mau dilamar? Emang kamu yakin dia serius. Ktemu aja belum kan? Trus kamu yakin dia belum punya istri? Kamu tahu keluarganya bagaimana? Lha kalau belum tahu gimana ceritanya langsung menjemput gitu. Trus bapakmu juga setuju?
Sekedar informasi, pacarnya si mba ini ngakunya orang luar Jawa.Dia tahu latar belakangnya ya cuma dari 
cerita si cowok ini.
Mba   : Ya bilangnya sih masih single, trus mau serius sama saya. Bapak saya bilang kalau dia serius ya harus dateng. Nah makanya, besok dia dateng kesini, mau jemput saya.
Saya  : Ati-ati lho mba jangan sampai kamu jadi korban traficking eh.... itu lho yang suka jadi berita. Pura-pura ditawari pekerjaan atau dinikahi, ga tahunya dijual di Batam. Aku bukan nakut-nakutin mba, sudah banyak kejadian. Apalagi kamu tidak kenal latar belakang orang ini. Jangan gampang percaya, cari tahu bener-bener, menyesal belakangan ga ada gunanya lho.

Hah....saya sebenernya surprise juga, ternyata begini dahsyat efek kemajuan teknologi. Sampai pacaran aja lewat telepon. Saya masih ngomong panjang lebar ke si mba, kasih contoh ke dia banyak kasus seperti ini yang berujung ke penipuan. Saya berusaha semampu saya supaya dia waspada meskipun sedang dimabuk cinta. Apalagi belakangan saya tahu dari tetangga, si mba sering kirim pulsa untuk cowoknya.

Saya dulu juga waktu pacaran, lebih banyak berhubungan lewat telpon dengan suami saya. Bedanya saya sudah mengenalnya lebih dari 2 tahun sebelum kami berpacaran. Lha ini....belum pernah ketemu muka, cuma dapet MMS foto cowoknya(kalau bener fotonya), bahkan si mba malah belum pernah kirim foto ke cowoknya, eh......sudah mau diminta ke orang tuanya. Buat saya ini aneh sekali.
Saya ingin melarang, menyuruhnya mencari laki-laki yang lebih jelas asal-usulnya, tapi tentunya saya tidak punya wewenang untuk itu. Wewenang saya sebatas memberi saran dan masukan, dan tentu saja melindunginya sejauh dia masih ikut saya. Selepas itu tentunya dia dan keluarganya yang berhak memutuskan.

Saya wanti-wanti sama bapak saya, supaya ngomong dari hati ke hati sama orang tua si mba, guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan, sembari titip pesan bahwa pada prinsipnya saya tidak keberatan bahkan turut senang seandainya si mba dapat jodoh sekarang.(Walau harus nyut-nyutan cari yang momong krucils heuheuheu....) Cuma saya tekankan kalau sampai cowoknya datang ke rumah saya sendiri, walaupun dengan ijin orangtuanya si mba untuk menjemput, saya tidak mau kasih, kecuali ada keluarga si mba yang menyertai. Atau jika memang perlu biarlah saya yang mengantarnya pulang.

Saya jadi berdoa mudah-mudahan dalam kasus ini saya yang ketinggalan jaman dan terlalu parno, efek keseringan baca berita tentang perdagangan manusia, mudah-mudahan juga tidak terjadi hal-hal yang saya takutkan. Semoga......


(Huhuhuhu......dimana ya cari asisten yang sabar dan sayang anak kayak dia. Saya pesan satuuuuu aja)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak disini :)