Rabu, 17 Oktober 2012

Super Emak

Yang setuju klo para emak-emak itu super siapa? Saya pasti akan cepat mengacungkan jari. Dari jaman saya kecil, saya perhatikan simbah, ibu, bulik, budhe saya, hingga sekarang saya sendiri jadi emak, para emak itu canggih dalam hal multitasking. Itu lho melakukan beberapa hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Contohnya nih, sambil buat sarapan mis: telur mata sapi, rebus air buat mandi adik, nyisir dan dandanin jagoan yang mau berangkat sekolah, trus siapin sepatu sambil mulut tak henti-hentinya menyemangati jagoan yang masih males-malesan. Selesai itu trus nyuapin sarapan (klo disuruh makan sendiri berabe, bisa ga makan pagi) sambil siapin bekal sekolah dan cek ulang alat sekolahnya. Itu cuma sekelumit dari rutinitas pagi yang sangat padat, waktu jadi serasa terbang. Ga terasa dah jam setengah 8 dan saya harus cepat bersiap ke kantor. Setumpuk pekerjaan lain sudah menunggu saya.

Oya, para emak itu juga pemikir segalanya di samping eksekutor juga. Coba mulai urusan dapur, sumur, kasur (*eh) ga ada yang luput. Masih di kantor aja udah kepikiran kira-kira besok mau makan apa, ga lucu kan kalo tiap hari makanan yang tersaji itu-itu aja. Yang ada penghuni rumah bisa mogok makan hehehe.... Belum urusan anak sekolah, emaknya juga yang jadi ujung tombak. Ngingetin ada PR atau ga, bahkan kalo perlu ngecek ke tas anak mengingat si anak sekolahnya sejatinya masih main jadi ya kurang aware sama yang namanya PR. Nanya maunya besok bekal apa ke sekolah dll. Nah, setelah anak tidur gantian having quality time sama soulmate alias suami. Ngobrol, ngobril, ngobral hahahaha.......(*upss sensor).

Pertanyannya, kapan me time nya? Kalau di rumah kayaknya no me time, cuma pas ke kamar mandi ajah si kecil ga buntutin emaknya. Capek sih pasti, cuma banyak yang bilang nikmati aja karena masa-masa dibuntutin anak itu ga kerasa bakal cepat berlalu. Ketika mereka sudah punya kesibukan sendiri gantian kita yang merasa pengin dibuntutin, ngerayu-rayu supaya dia mau ikut arisan misalnya. Eh kok malah OOT sih ya??

Jadi gimana? Saya super kan (**ditabok wonder woman :)) Bukan...bukan saya yang super. Di luar sana saya yakin masih banyak emak-emak yang jauh lebih super. Saya mungkin ga ada apa-apanya, wong masih ada asisten yang siap membantu dan suami yang ga segan ikut turun tangan. Pekerjaan rumah tangga itu bisa dibilang ga ada habisnya, apalagi kalo sambil ngurusin anak kecil. Saya salut sama ibu rumah tangga full yang berhasil mendidik anaknya jadi santun, cerdas dan berprestasi tapi masih bisa mengaktualisasikan diri dengan ikut kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Lha saya ini selain rumah dan kantor rasanya jarang punya kegiatan lain, mungkin nanti ketika anak-anak mulai bisa mandiri.

*Sambil nulis artikel sambil bikin list belanjaan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak disini :)