Rabu, 24 Oktober 2012

Bersyukur (2)

Hidup itu begitu penuh dinamika. Ada masa dimana kita merasa bahagia dan penuh energi positif tapi ada masanya dimana semuanya terasa datar dan membosankan bahkan ada masa dimana kita merasa semuanya memuakkan. Tak semua yang kita inginkan berjalan sempurna adanya. Seringkali apa yang kita rencanakan hancur berantakan di tengah jalan. Tapi apapun yang terjadi hidup terus berjalan.

Menghayati makna hidup sejatinya adalah menikmati setiap saat dalam kehidupan ini dengan segala problemanya. Saat susah maupun senang, saat duka maupun sukacita. Ada baiknya kita bersiap dengan segala kondisi, apapun itu. Manusia cuma wayang yang berjalan dalam kelir kehidupan, dan kita harus menyadari bahwa ada dalang di balik layar dan kita bersentuhan dengan wayang lain dalam perjalanannya. Dan dalam persinggungan itulah rasa bahagia, sedih, benci, rindu dan segala bentuk emosi baik negatif maupun positif bisa hadir.

Setiap siklus dalam kehidupan seseorang memang bisa diibaratkan roda. Ada kalanya kita bisa berjaya di atas, adakalanya juga kita terpuruk dan tak berdaya. Roda kehidupan milik kita tentu saja berbeda dengan orang lain, itu sebabnya apa yang menurut kita nyaman belum tentu sama dalam pandangan orang lain, begitu pula sebaliknya. Kunci dari kenyamanan kita menikmati hidup sebenarnya lebih kepada bagaimana kita bisa mensyukuri segala yang kita terima, segala yang kita punya. Dengan bersyukur dalam untung kita bisa lebih banyak berbagi kepada sesama kita yang lebih membutuhkan, dan bersyukur di saat kemalangan menimpa membuat kita bisa menerima cobaan dengan lapang dada dan melihat hikmah dari kejadian yang menimpa kita. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak disini :)