Kamis, 01 November 2012

Time Flies, mau ke Timbuktu atau ke Paris?

The bad news is time flies. The good news is you're the pilot.
--Michael Althsuler

Time flies...indeed. Kayaknya baru kemarin tahun baru eh...sekarang dah nyaris akhir tahun aja, kemarin masih hahahihi eh sekarang anak udah dua :) Tapi berapa banyak dari anda yang menyadarinya, dan mempersiapkan hari depan sebelum putaran roda waktu menggilasnya. Saya termasuk dari golongan orang yang terlena, tidak mempersiapkan masa depan saya dengan lebih terencana dan tahu-tahu saya menikah dan tak lama kemudian dua malaikat kecil bergantung pada saya dan suami. Bukannya saya tidak senang punya dua buah hati yang lucu, sama sekali bukan. Satu sisi saya merasa sangat bersyukur, tapi disisi lain saya mulai berhitung berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk mendanai sekolah mereka kelak. Sementara sekarang sampai sepuluh tahun ke depan cicilan rumah masih harus saya bayar. 

Ini bukan keluhan, saya hanya mencoba realistis saja.  Dengan berpikir realistis tentunya saya bisa mempersiapkan diri dan tidak ingin kecebur di lubang yang sama untuk kedua kalinya.

Saya kian menyadari arti penting dari menabung dan berinvestasi. Dan saya mulai bisa membedakannya. Menabung itu untuk kebutuhan yang sifatnya lebih jangka pendek sedangkan untuk jangka panjang memang lebih baik jika uang diinvestasikan. Terserah mau berinvestasi dalam bentuk apa, bisa surat berharga (saham,obligasi), property atau logam mulia. Dalam berinvestasi dikenal istilah high gain high risk artinya semakin tinggi return investasi tersebut, semakin tinggi pula resikonya. Contohnya Saham, saya pernah mengalami sendiri investasi di saham. Memang dari segi nominal tidaklah besar tetapi setidaknya ini memberi pengalaman berapa besar keuntungan atau kerugian yang bisa saya peroleh dan Puji Tuhan saya untung :)
Waktu itu saya beli di harga 190/lembar dan tidak sampai setahun saya jual di harga 370/lembar untungnya nyaris 100% kan.... Tapi itu juga mengedukasi saya kalau potential lost yang saya alami juga bisa sebesar itu alias hilanglah seluruh investasi saya. 

Kalau mau yang lebih aman dari segi return, bisa dicoba untuk berinvestasi di logam mulia. Perhiasan emas yang sempat saya beli waktu saya masih gadis dulu harganya jadi 4 kali lipat sekarang. Saya sedang mempertimbangkan untuk mulai berinvestasi disini. Memang sih tidak ada investasi yang sepenuhnya aman. Emas berpotensi untuk hilang, diambil orang misalnya. Keuntungan lain berinvestasi di emas selain relatif lebih aman dari segi return juga bisa sekalian berhias. Seperti ungkapan yang sering terpampang di gerai-gerai perhiasan, berhias sambil menabung. 

Memang sih waktu serasa terbang, namun anda sendiri lho pilotnya. Jadi apa yang terjadi selama perjalanan, atau kemana tujuan akhir kita sendiri yang berhak menentukan tujuan. Mau terbang ke Timbuktu atau ke Paris(mau hidup enak atau sangat enak), pilihan ada di tangan kita. Jadi anda mau kemana? Ambil ancang-ancang dari sekarang, supaya tidak melenceng dari tujuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak disini :)