Rabu, 14 November 2012

Refreshing


Tanggal 9-10 kemarin kantor saya mengadakan outbond dan team building di daerah Bogor. Rencana awal sih sebenarnya mau camping tapi sebagian rekan keberatan bila harus tidur di tenda. Alasan kurang nyaman, kurang aman dsb membuat panitia akhirnya memilih resort daripada tenda. Hari Jum'at selepas Sholat Jum'at kami segera berangkat ke suatu resort di daerah Bogor. Hujan mengguyur dengan derasnya sepanjang perjalanan kami, beberapa mobil bahkan minggir di jalan tol karena tidak berani menembus hujan angin yang luar biasa derasnya. Kurang dari dua jam kami sampai di tempat tujuan. Saung Dolken namanya, letaknya di daerah Cimahpar, Bogor. Melihat sekeliling sekilas terlihat suasana yang nyaman, segar dan menyenangkan. Pondok-pondok yang materialnya didominasi bahan dari kayu, bambu dan bata ekspos membawa kesan klasik dan etnik.


                                                   menikmati welcome drink, bandrek

Setelah menikmati welcome drink acara langsung dilanjutkan dengan breaking ice (apaan tuh....) yah istilah gampangnya mungkin mencairkan suasana, dan membuatnya lebih relax sehingga apapun materi yang akan disampaikan bisa lebih dimengerti. Game demi game berlangsung dengan heboh dan seru. Trainer mampu membuat suasana menjadi segar dan menyenangkan, meskipun materinya sederhana. Terlihat dari wajah-wajah ceria dari para peserta yang tertawa tak ada habisnya.

  ketawa ketiwi sepanjang sesi ice breaking

Setelah coffebreak acara dilanjutkan outdoor. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok besar satu kelompok berperan sebagai supervisor yang tugasnya mengarahkan dan kelompok kedua berperan sebagai pelaksana, game yang mengandalkan kekompakan pun dimulai. Serunya disini karena pelaksana ditutup matanya sehingga supervisornya yang bertugas mengarahkannya kemana dan apa yang harus dilakukannya.


                                                       Tarik...ulur...kanan....kiri...upsss

Trainer menjelaskan kaitan antara game-game yang dilakukan dengan pekerjaan sehari-hari di kantor. Bagaimana bekerja dalam team itu membutuhkan sinergi yang baik dari semua bagian yang terlibat. Analogi yang sederhana tapi benar-benar mengena. Setelah bersih diri acara dilanjutkan dengan satu sesi ringan yang di isi dengan pemutaran film, lagi-lagi tentang pentingnya team work. Kemudian makan malam berlangsung santai dengan iringan organ tunggal. Satu persatu peserta menunjukkan kebolehannya bernyanyi, bahkan tak segan-segan berjoget rame-rame. Suasana meriah dan keakraban terjalin.


                                                                Tarik maaaaanggg

 Tak ada batas atasan dan bawahan, tua muda semua membaur jadi satu. Baru ketahuan ternyata gokil-gokil semua. Jam sebelas malam organ tunggal berhenti, peserta segera menuju pondok masing-masing untuk melanjutkan 'kegilaan' dalam kelompok-kelompok kecil, sesuai tempat tidurnya. Ada yang menyanyi sampai pagi, ngerumpi sambil nonton tv atau malah tidur dengan pulasnya.

                                              Ini dia salah satu pondok tempat istirahatnya......
              
Esok harinya acara dimulai dengan sarapan di tepi kolam renang. Kemudian dilanjutkan stretching dan game ringan. Setelah itu sarapan sudah tersedia dan kami menikmati nasi uduk rame-rame di tepi kolam renang. Setelah rehat sejenak kemudian ada mind game yang membutuhkan konsentrasi dan kejelian. Beberapa kejadian lucu membuat kami tidak bisa menahan tawa.

                                                                         mind game
                                                                     game mengisi air
Dan puncaknya adalah game kekompakan mengisi air ke dalam pralon yang telah dilubangi. Cuaca yang terik tidak mengurangi antusiasme kami. Peserta yang berjumlah 30 orang itu bahu membahu menyelesaikan final game, hihihihi....pada dasarnya sih karena sudah pada ga sabar pengin nyemplung ke kolam renang. Dan....begitu peluit tanda kemenangan berbunyi tanpa basa-basi lagi kami berlomba menceburkan diri ke kolam renang, bermain air layaknya anak kecil. Dan eksis bergaya di depan kamera....teteup huehehehe.


                                                                Nyemplung rame-rame

Buat saya, outing kali ini benar-benar memuaskan. Acara gamenya fun, tempatnya cihuy, makanannya oke. Ini 'me time' saya, benar-benar lepas dari suami dan krucils dan menikmati momen 'kesendirian' dengan menyenangkan. Bener-bener refresh sejenak dari rutinitas harian yang kadang terasa begitu padat dan melelahkan. Saya bahagia dengan hidup saya dan segala keruwetannya tapi sesekali menikmati 'me time' itu memang perlu.

                                                                 The winning team
                                                
Acara diakhiri dengan makan siang bersama secara lesehan. Uniknya makanannya disajikan dalam daun pisang yang dijejer di atas tikar. Jadi ceritanya makan kembulan alias bareng-bareng. Selesai makan semua peserta membersihkan diri dan bersiap kembali ke cileungsi. Sampai di rumah kedua krucils berlarian menyambut saya dengan riangnya. Kangen nak...walau cuma semalam :) :) :)



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak disini :)